6 Cara Memasarkan Produk Melalui Sosial Media


Memasarkan produk melalui media sosial menjadi pilihan tepat di zaman serba digital seperti sekarang. Sebenarnya, memasarkan produk melalui media sosial dan marketplace tidak serumit yang dibayangkan. Konsep sederhana praktik pemasaran online adalah mengunggah konten yang menarik agar produk bisa dikenal orang banyak.

Sebagai contoh, cara memasarkan produk melalui WhatsApp adalah dengan mengunggah konten produk di katalog WA. Sesederhana itu. Namun, jika pemasaran produk Anda ingin mampu menggaet konsumen, maka Anda perlu memperhatikan sejumlah tips bisnis online supaya konsumen repeat order. Lalu apa saja sih cara memasarkan produk di sosial media, yuu kita simak cara berikut!!

1. Buat Profil Media Sosial yang Menarik 🖼️

Profil merupakan ‘wajah’ dari bisnis yang kamu jalankan di media sosial. Bangunlah profil yang menarik, mulai dari nama produk, kolom deskripsi, foto profil, hingga konsep feeds yang akan digunakan. Kamu pun harus menentukan persona yang ingin dibawakan dalam profil media sosialmu, contohnya resmi tetapi bersahabat atau komikal dan ramah terhadap remaja.

2. Buat Konten yang Menarik: 🤳🏻

Posting foto dan video yang menunjukkan produk Anda dengan cara yang menarik, gunakan berbagai format konten, seperti foto, video, Stories, dan Reels. Buatlah caption yang informatif dan menarik yang mendorong interaksi.

3. Buat Hashtag untuk Konten #️⃣

Hashtag sangat berguna untuk meningkatkan jumlah keterlibatan (engagement) di media sosial. Kamu bisa menggunakan tools kata kunci dalam mencari hashtag yang relevan. Cobalah memikirkan satu atau lebih kata kunci dan frasa yang mencakup nama produk dan bisnismu. Kamu bisa memasukkan menyertakan hashtag pada setiap unggahan terkait produk tersebut.

4. Unggah Konten pada Saat Peak-time ⏰

Peak-time alias puncak waktu penggunaan setiap media sosial tentu berbeda. Lebih baik kamu mengunggah konten atau mengadakan live streaming pada jam tersebut agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Tip ini sangat efektif karena bisa membuat kontenmu lebih tepat sasaran.

5. Manfaatkan Seluruh Fitur Media Sosial 📱

Media sosial memiliki berbagai fitur interaktif. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menarik pengikut media sosialmu agar lebih tertarik pada produk yang dipromosikan. Contohnya, kamu bisa mengunggah survei agar pengikut bisa memilih satu produk favorit mereka. Contoh lainnya, kamu bisa menggunakan fitur cerita (story) untuk mengiklankan produk baru di toko online, kemudian memasang stiker berisi tautan.

6. Manfaatkan Fitur Iklan Berbayar 🌏

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan fitur iklan berbayar untuk memperluas jangkauan pasar atau menyasar target audiensi yang lebih spesifik. Iklan di media sosial terbukti efektif dalam menjangkau lebih banyak audiensi daripada organik. Pastikan kamu telah menerapkan strategi iklan yang tepat agar memberikan hasil yang memuaskan.

Posting Komentar

0 Komentar